RAJA, ENDANG SARI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI FUNGI DI SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (158kB) |
Abstract
Endang Sari Raja, 2024.Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Materi Fungi di SMA N 6 Kota Ternate. Pembimbing Dr. Bahtiar, S.Pd.,M.Si dan Dr. Jailan Sahil.,S.Pd.,M.Si. Pendidikan mempunyai peran penting dalam suatu bangsa. Mengingat akan pentingnya peranan pendidikan, pemerintah telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan seoptimal mungkin. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen, meliputi: (1) perencanaan, (2) aksi/tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 6 Negeri yang berjumlah 56 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas X IPA sejumlah 28 siswa (10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan). Teknik pengumpulan data merupakan alat-alat ukur yang diperlukan dalam melaksanakan suatu penelitian. Data yang akan dikumpulkan dapat berupa angka-angka, keterangan tertulis, infornasi lisan, dan beragam fakta yang berpengaru denga fokus penelitian yang diteliti. Hasil penelitian tindakan kelas melalui model problem based learning (PBL) yang dilaksanakan dua siklus mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 58,18% terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 87,27%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 51,67% untuk siklus II 81,66%. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran PBL sudah cukup baik hal ini karena terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMP Negeri 6 Kota Ternate pada materi jamur. Kata Kunci: Model Problem Based Learning(PBL), Berpikir Kritis, Materi Fungi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:34 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:34 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |