PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA INTEGRAL HIDAYATULLAH KALUMATA KOTA TERNATE

SARNO, SARNO (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA INTEGRAL HIDAYATULLAH KALUMATA KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Integral Hidayatullah Kalumata Kota Ternate. Untuk mengetahui hasil pembelajaran membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran complete sentence pada materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap tindakan dimasing-masing siklusnya diantaranya: (1); tahap perencanaan. (2); tahap tindakan / observasi / evaluasi. (3); tahap refleksi. Pengumpulan data adalah tes, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Integral Hidayatullah Kalumata Kota Ternate yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I 45,68% meningkat pada siklus II 70,00%. Penggunaan model pembelajaran complete sentence juga dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa, yaitu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 5 siswa atau 21,73% meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas 21 siswa atau 91,30% dari jumlah keseluruhan 23 siswa. Selain itu, aktivitas perolehan belajar mengajar guru meningkat yang ditunjukan dengan perolehan skor rata-rata proses belajar mengajar guru sebesar 58,33% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 85,41%. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Complete Sentence, Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 dan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 05:29
Last Modified: 18 Sep 2025 05:29
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item