Talha, Inang (2024) ANALISIS KECERDASAN KINESTIK ANAK KELOMPOK B DALAM PELAKSANAAN TARI LALAYON DI PAUD PEMBINA 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (91kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (163kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (219kB) |
Abstract
Inang Talha, 2024. Analisis Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Dalam Pelaksanaan Tari Lalayon di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Pembimbing Umikalsum Arfa.,S.Pd.,M.Pd dan Winda Oktaviani.,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan kinestetik anak kelompok B dalam pelaksanaan tari lalayon di PAUD Pembina 7 Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru dan 8 orang anak. Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kecerdasan kinestetik anak kelompok B dalam pelaksanaan tari lalayon di PAUD pembina 7 kota ternate terkait dengan indikator 1) kelincahan tubuh dan frekuensi gerak anak yang tinggi, terdapat 2 dari 8 anak yang mulai bisa menunjukkan gerakan kompleks dalam gerak tari lalayon, anak masih kurang percaya diri dan masih malu-malu untuk berekspresi pada saat menari. Indikator 2) kemampuan koordinasi mata-tangan dan mata-kaki, 5 dari 8 anak mulai bisa melakukan koordinasi gerak mata-tangan dan mata-kaki. Indikator 3) kemampuan keluwesan dan kelenturan gerak lokomotor, 2 dari 8 anak belum mampu melakukan gerakan yang luwes dan lentur (anak masih kaku dan tampak tidak bebas ketika menari). Indikator 4) kemampuan mengontrol tubuh, terdapat 2 dari 8 orang anak yang mulai bisa mengontrol tubuhnya, yakni anak mulai bisa menunjukkan kesadaran ritmik dan mempertahankan keseimbangan tubuhnya selama menari. Indikator 5) kecenderungan memanipulasi dan meniru gerak orang lain, terdapat 2 dari 8 anak mulai bisa meniru gerak yang diajarkan oleh guru. Dalam hal ini untuk menyikapi anak-anak yang belum dan mulai bisa mencapai aspek-aspek yang diamati, guru optimis dalam mengajarkan kepada anak dan tetap memberikan motivasi, melatih anak secara teratur dan berulang sampai semua anak dapat mencapai perkembangan yang sesuai. Kata Kunci: Tari Lalayon, Kecerdasan Kinestetik, Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:01 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:01 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |