Pauwah, Alia (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 39 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (104kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (158kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Alia Pauwah, 2023. Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas V SD Negeri 39 Kota Ternate. Dibimbing oleh Kodrat Hi. Karim. S.Pd., M.Pd dan Risna Srinawati. S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 39 Kota Ternate (2) Untuk mengetahui nilai karakter apakah yang harus ditanamkan melalui pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 39 Kota Ternate pada tema 6 sub tema 3 cita-citaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dapat memperoleh suatu pemahaman yang mendalam terhadap objek penelitian yang diamati subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 39 Kota Ternate yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi, RPP dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, Khususnya di tema 6 sub tema 3 cita-citaku. Dalam perencanaan pembelajaran adalah adanya nilai karakter yang termuat dalam RPP yaitu pada tujuan pembelajaran dan kegiatan pemebalajaran.Terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami guru dalam pembelajaran menulis puisi yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menaati aturan , motivasi siswa, untuk belajar masih kurang, dan kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawabnya masih kurang untuk mengurangi hal itu guru menegur siswa secara langsung dan membimbing siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam penerapan pendidikan karakter terhadap proses pembelajaran adalah memberi teladan disiplin waktu, memberi teladan dengan menaati aturan, selalu mengecek kehadiran siswa. Menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apersepsi dan menggunakan media , metode, serta strategi dalam hasil observasi guru sellu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Selain itu memberi tugas individu juga seringkali dilakukan oleh guru untuk mengimpelementasikan nilai mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab dan kegiatan akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan hasil pembelajaran hal tersebut untuk menanamkan nilai percaya diri Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Menulis Puisi, Cita-citaku
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |