Salamat, Faujia (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 47 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (111kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (349kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (94kB) |
Abstract
Faujia Salamat, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Wahid Umar, S.Pd., M,Pd selaku pembimbing I dan Bapak Wawan Suprianto Nadra, S.Pd., M,Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian PTK, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi perkalian melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup 2 kali pertemuan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate yang berjumlah 27 siswa yang terdiri atas 19 siswa Laki-laki dan 8 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data adalah hasil pretest dan postest, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika siswa maka semua data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan rumus N-Gain Ternormalisasi (g). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui model PMR (Pendekatan Matematika Realistik), pada materi perkalian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai Rata-rata Pretest yaitu 30,74 kemudian meningkat pada Postest dengan Rata-rata yaitu 52,29. dengan nilai Rata-rata N-Gain 0,31 yang menandahkan bahwa Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa masih pada kategori kurang.sedangkan hasil tes individu pada siklus I dari 27 siswa yang mengikuti tes terdapat 8 siswa yang mencapai nilai KKM, dengan persentase 29,62% sementara 19 siswa lainnya dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai nilai indikator dan KKM dengan persentase 70,38% dengan nilai Rata-rata 52,29 kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai Rata-rata Pretest 50,18 kemudian meningkat pada postest yaitu 86,29 dan nilai Rata-rata N-Gain 0,72 yang menandahkan bahwa Rata-rata Peningkatan hasil belajar siswa sudah berada pada kategori tinggi. dan hasil tes individu pada siklus II dari 27 siswa yang mengikuti tes terdapat 24 siswa mencapai nilai KKM dengan presentase 88,89% dan 3 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan presentase 11,11% dengan nilai Rata-rata 86,29. begitu pun aktivitas guru siklus I (61,39%) meningkat menjadi (86,66%) dan aktivitas siswa (53,39%) meningkat menjadi (81,39%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pendekatan Matematika Realistik (PMR) ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 47 Kota Ternate. Kata Kunci: Peningkatan, Pendekatan Matematika Realistik, Perkalian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:03 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |