PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMTIS SISWA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate Dengan Materi Persamaan Garis Lurus)

Alwi, Sitinur (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMTIS SISWA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate Dengan Materi Persamaan Garis Lurus). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

Sitinur Alwi, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Pembimbing Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si dan Ahmad Afandi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing; 3) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-J yang terdiri dari 24 siswa yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrument tes bentuk uraian yang terdiri dari 2 butir soal untuk pretest dan 2 butir soal untuk posttest pada materi persamaan garis lurus yang mengukur kemampuan penalaran dengan indikator 1) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, gambar dan diagram. 2) melakukan manipulasi matematika. 3) menarik kesimpulan dari pernyataan. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan penalaran matematis siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing diperoleh 5 siswa (20,84%) dalam kualifikasi gagal, 2 siswa (8,33%) dalam kualifikasi kurang, 7 siswa (29,17%) siswa dalam kualifikasi cukup, 8 siswa (33,33%) dengan kualifikasi baik dan 2 siswa (8,33%) dengan kualifikasi baik sekali; 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan interpretasi tinggi 16 siswa (66,67%), interpretasi sedang 7 siswa (29,16%) dan interpretasi rendah 1 siswa (4,17%); 3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam mempelajari persamaan garis lurus. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan, Persamaan garis lurus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item