PENGUKURAN KINERJA KOPERASI PEGAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada koperasi Bobato Lestari Sofifi)

Bahrudin, Juniarsi (2024) PENGUKURAN KINERJA KOPERASI PEGAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada koperasi Bobato Lestari Sofifi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan melakukan pengukuran kinerja yang lebih baik melalui pendekatan keuangan dan non keuangan maka koperasi akan dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan visi misi koperasi untuk kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang lebih lama/panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengukuran kinerja koperasi pegawai menggunakan penekatan balanced scorecard (studi pada koperasi Bobato Lestari Sofifi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain meliputi data primer dan sekunder. Hasil penelitian menyampaikan bahwa perspektif keuangan menunjukan bahwa setiap pengukuran menunjukan kinerja yang sangat baik. Hal ini dikarenakan masing-masing tingkat perolehan nilai baik ROA, Solvabilitas dan NPM berada pada kategori sangat baik. Perspektif Bisnis Internal menunjukan kinerja yang sangat baik. Hal ini ditunjukan dengan adanya kerja sama yang baik, sisi perolehan anggota yang terus mengalami peningkatan, serta program kerja yang dilakukan sangat berperan dalam keberlangsungan koperasi. Perspektif pelanggan dengan pendekatan customer retention dapat disimpulkan bahwa Koperasi Bobato Lestari memiliki tingkat perolehan anggota/nasabah yang signifikan, dilihat pada jumlah perolehan nasabah yang terus meningkat. Pendekatan customer acquisition dapat disimpulkan bahwa Koperasi Bobato Lestari memiliki kemampuan untuk mempertahankan anggota/nasabah lama, hal ini ditunjukan pada jumlah anggota/nasabah Koperasi Bobato Lestari tahun 2020-2022 terus mengalami peningkatan serta tidak terjadi pengurangan anggota/nasabah. Pada perspektif customer statisfaction yang diukur dengan tiga indikator yaitu atribut jasa, citra perusahaan, dan hubungan dengan karyawan ketiganya memiliki nilai rata-rata kepuasan pelanggan anggota Koperasi Bobato lestari berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : koperasi, pegawai, balanced scorecard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:41
Last Modified: 09 Oct 2025 06:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item