EWI, RITA MARLINA EWI (2024) ANALISIS ALIRAN DAYA SISTEM DISTRIBUSI RADIAL MENGGUNAKAN METODE BACKWARD-FORWARD SWEEP. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
|
Text
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Download (657kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (514kB) |
Abstract
RITA MARLINA EWI. Analisis Aliran Daya Sistem Distribusi Radial Menggunakan Metode Backward-Forward Sweep. Dibimbing oleh Dr. UMAR, ST, MT, dan M. NATSIR RAHMAN, ST, MT. Kata Kunci : Analisis Aliran Daya, Back-Forward Sweep, Rugi Daya, Jatuh Tegangan, IEE 33 Bus. Studi Aliran Daya perlu dilakukan sebelum merencanakan pembangunan suatu Sistem Distribusi Tenaga Listrik untuk mengetahui unjuk kerja jaringan tersebut yang meliputi Rugi Daya, Jatuh Tegangan, dan Aspek Ekonomi. Terdapat beberapa Metode yang tersedia untuk mengkaji Aliran Daya tersebut diantaranya adalah Newton Raphson, Gaus Sidel, Fast Decople dan Back-Forward Sweep. Penelitian ini bertujuan menganalisis aliran daya pada Sistem Distribusi Radial IEEE 33 Bus dan menghitung besar Tegangan Sudut, Arus, dan Rugi-Rugi Daya. Metode yang digunakan adalah Back-Forward Sweep dengan Simulasi menggunakan MATLAB. Metode ini dengan mempresentasikan Jaringan Distribusi Radial seperti pohon dengan bus sumber atau slack bus sebagai akar dan bus lainnya seperti cabang pohon. Perhitungannya dimulai dengan mengimplementasikan Hukum Kirchof, parameterparameter yang diperoleh disederhanakan dengan menggunakan Matriks Z, Matriks-K, Matriks BIBC dan BCBV sehingga nilai Arus, dan Tegangan Bus dapat dihitung dengan proses Iterasi dan dengan memperhatikan nilai error maksimum yang ditolerasi. Dengan didapat nilai Tegangan Bus Cabang dan Arus Saluran maka dapat diperoleh Rugi-Rugi Daya jaringan. Aliran Daya dengan nilai daya terbesar mengalir pada saluran 1 antara bus 1 dan bus 2, yaitu sebesar 3917.7 kW, terkecil mengalir pada saluran 32 yaitu antara bus 32 dan bus 33 dengan nilai sebesar 60.01317 kW. Total daya aktif 27942.44 kW, daya reaktif 18617.28 kVAR dan daya nyata 33913.52 KVA. Analisis ini dapat disimpulkan baik dengan tervalidasi oleh metode newton raphson berbasis MATLAB dan newton raphson berbasis ETAP yang nilai eror rata-rata 0,0028 %, dan 0,0028 %. Arus listrik terbesar mengalir dari bus 1 ke bus 2 pada saluran 1 dengan besar arus 364.3633 kA, dan terkecil dari bus 32 ke bus 33 pada saluran 32 sebesar 6.214311 kA.Tegangan rata-rata 0.94845 (pu), tegangan maksimal 1 (pu), tegangan minimum 0.913072 (pu) yang berada di bus-18. Total rugi-rugi daya untuk daya aktif dan daya reaktif adalah 202.7 kW dan 135.142 kVAR.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas > Teknik Elektro Fakultas > Teknik Elektro Fakultas > Teknik Elektro |
| Depositing User: | Rini 1 |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 23:55 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 23:55 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

