EVALUASI JALAN TAMBANG DARI FRONT SOSOLAT KE STOCK PILE ETO KASWARI DI PT. ANTAM TBK, KECAMATAN MABA, KABUPATEN HALMAHERA TIMUR, PROVINSI MALUKU UTARA

LADOPURA, AMADON LADOPURA (2024) EVALUASI JALAN TAMBANG DARI FRONT SOSOLAT KE STOCK PILE ETO KASWARI DI PT. ANTAM TBK, KECAMATAN MABA, KABUPATEN HALMAHERA TIMUR, PROVINSI MALUKU UTARA. Sarjana thesis, Universitan Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Jalan tambang merupakan salah satu sarana penting yang sangat mempengaruhi kelancaran produksi dan dapat pula mempengaruhi biaya penambangan. Oleh sebab itu pembuatan jalan tambang harus dilaksanakan dengan seksama agar dapat memenuhi kriteria teknik dan keselamatan kerja. Dalam penambangan nikel kondisi jalan harus baik terutama akses jalan antara lokasi penambangan dengan stockpile pertama, perhitungan geometri jalan harus di pertimbangkan, karena alat–alat berat beroperasi secara massal dan kontinyu setiap harinya. Kondisi jalan yang tidak baik akan menyebabkan kecelakaan kerja yang berdampak terhambatnya laju produksi. Salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi adalah kondisi jalan angkut yang tidak sesuai dengan standarisasi dan juga kondisi alam. Secara administratif wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Antam (Persero). Tbk berada di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur Propinsi Maluku Utara. Dimana fokus pengambilan data primer diperoleh di site Pulau Pakal Front Sosolat ke Stock Pile Eto Kaswari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Hal itu karena dalam penelitian ini mengunakan data-data berupa angka-angka. Mendefinisikan penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Dalam mengalisa data diperlukan data sekunder (kondisi topografi pulau pakal) dan data primer (kondisi aktual jalan) dalam evaluasi jalan tambang. Dari perhitungan pada kondisi aktual geometri jalan tersebut maka didapatkan hasil perhitungan lebar jalan lurus = 11,55 m untuk 2 jalur dan tikungan 26,25 m, lebar tikungan untuk dua jalur, jari-jari belokan 14,7 m, superelevasi 2,145 rata-rata kemeringan jalan (grade) 4 %, 8%, 12%, dan 16% dan cross slope 42 cm. Kata Kunci: Crosslope, Front, Geometri, Kemiringan, PT. Aneka Tambang, Stock Pile,Superelevasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas > Teknik Pertambangan
Fakultas > Teknik Pertambangan
Fakultas > Teknik Pertambangan
Depositing User: Rini 1
Date Deposited: 30 Oct 2025 06:36
Last Modified: 30 Oct 2025 06:36
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item