SALIM, JULFAHMI M (2021) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU DAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text
Abstrak JULFAHMI.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text
DAFTAR Pustaka.pdf - Published Version Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK Julfahmi M Salim. 2020. Problematika Pengajaran Bahasa Indonesia oleh Siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Ternate . Sulami Sibua, SPd, M.Pd, pembimbing I danSasmayunita, S.Pd, M.Pd, pembimbing II. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui problematika pengajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Ternate pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya penggunaan Bahasa Indonesia baku. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah instrumen pedoman pengamatan guru, pengamatan siswa dan pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa dan dokumentasi adapun analisis data yang digunakan berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dari subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Berdasarkan analisis data disimpulkan probelmatika pengajaran Bahasa Indonesia pada Guru dan Siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Ternate dalam penggunaan bahasa Indonesia baku disebabkan oleh beberapa hal di antaranya. (a) penggunaan kata ,(b) penggunaan kalimat,dan (c) unsur serapan bahasa asing dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Bentuk kesalahan dilihat dari penggunnaan kata, penggunaan kalimat dan unsur serapan bahasa asing. Temuan peneliti berdasarkan hasil pengamatan terhadap guru dan siswa dalam penggnaan Bahasa Indonesia baku dari penggunaan kata, penggunaan kalimat dan unsur serapan asing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > Indonesian literature |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 04:18 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 04:18 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2794 |
Actions (login required)
View Item |