BENTUK PELAKSANAAN DAN KETERLAKSANAAN KD 4 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI KECAMATAN KOTA TERNATE TENGAH

Ladika, Surandi S. (2021) BENTUK PELAKSANAAN DAN KETERLAKSANAAN KD 4 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI KECAMATAN KOTA TERNATE TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of a.COVER.pdf] Text
a.COVER.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of c.ABSTRAK SURANDI.pdf] Text
c.ABSTRAK SURANDI.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of e.BAB I.pdf] Text
e.BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of j.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
j.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Pelaksanaan KD 4 berpatokan pada buku guru biologi, yang berisi cara pencapaian Kompetensi Dasar 4 (KD 4), yang dalam pencapaiannya terdiri dari kegiatan tugas mandiri, ekplorasi, ekperimen dan tugas project. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui bentuk pelaksanaan dan keterlaksanaan KD 4 dalam pembelajaran biologi kelas x semester ganjil di SMA Negeri 1, SMA Negeri 10, dan SMA Islam Kecamatan Ternate Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1, SMA Negeri 10, dan SMA Islam Kecamatan Ternate Tengah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data tertulis. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini menghasilkan data-data deskritif mengenai keterlaksanaan KD 4 dalam pembelajaran biologi kelas X semeseter ganjil di biologi kelas x semester ganjil di SMA Negeri 1, SMA Negeri 10, dan SMA Islam Kecamatan Ternate Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bentuk pelaksanaan KD 4 dalam pembelajaran biologi di SMA 1, SMA 10, dan SMA Islam meliputi kegiatan eksplorasi, eksperimen, tugas mandiri, dan tugas project. 2) Keterlaksanaan KD 4 dalam pembelajaran biologi didominasi oleh kegiatan eksplorasi dan tugas mandiri dengan capaian persentase di SMA 1, SMA 10, dan SMA Islam mencapai 100%. Pelaksanaan kegiatan eksperimen dengan persentase keterlaksanaan paling rendah 25% di SMA Islam, sedangkan tugas project pada ketiga sekolah tersebut memiliki persentase keterlaksanaan 57,14%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:28
Last Modified: 13 Feb 2023 05:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item