KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TERPADU (IT) NURUL HASAN MENGGUNAKAN LESSON STUDY

SAIHUDIN, ANDINA (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TERPADU (IT) NURUL HASAN MENGGUNAKAN LESSON STUDY. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Islam Terpadu (IT) Nurul Hasan menggunakan lesson study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan menggunakan Lesson Study, data observasi dan data wawancara guru kelas VII SMP Islam Terpadu (IT) Nurul Hasan. Data dalam penelitian terdapat dua jenis data yaitu (1) data primer dan (2) data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan kesimpulan hasil penelitian dapat diketahui (1) tes, pembelajaran kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan menggunakan Lesson Study siswa telah mampu mengembangkan kemampuan berfikir secara kritik untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran melalui C1 pengetahuan, C2 pemahaman, C3 mengingat, C4 menganalisis, dan C5 mengkreasi atau mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi kemampuan berpikir tingkat tinggi dilihat dari menganalisis, dimana siswa dapat membedakan hal-hal yang relevan, dapat mengorganisasikan informasi dan dapat menghubungkan informasi dalam suatu konsep dan pada tahap mencipta, siswa dapat menciptakan kembali penyusunan surat resmi dan surat pribadi dengan baik sesuai dengan langkah-langkah penulisan surat, (2) penyebab kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan Lesson Study rendah disebabkan beberapa faktor yaitu (1) siswa kurang siap menghadapi proses pembelajaran, kurang inisiatif dan gigih dalam menyelesaikan soal yang dikerjakan; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran banyak yang bermain-main, dan mengobrol diluar pembahasan pembelajaran; (3) budaya literasi siswa, dimana budaya literasi bukan hanya membaca dan menulis, namun juga keterampilan mencari, memahami, mengevaluasi secara kritis sebuah informasi; (4) faktor lingkungan keluarga dan sekolah; dan (5) proses pembelajaran, yaitu siswa belum mengetahui indikator keterampilan yang ingin dicapai dan guru belum mengetahui cara menciptakan pembelajaran yang efektif. Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Lesson Study

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:59
Last Modified: 05 Apr 2023 01:59
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item