PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

KAMIS, RUKMIYATI MOHTAR (2022) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (54kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (15kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai yaitu (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana penerapan model student facilitator and explaining dalam keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate, (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model student facilitator and explaining dalam keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII dan Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan simpulan dapat diketahui bahwa (1) data hasil tes siswa dalam menulis teks berita dengan penerapan model student facilitator and explaining sudah terlaksana dengan baik, ada beberapa siswa sudah mampu menulis teks berita berdasarkan aspek penulisan dalam menulis teks berita yaitu aspek penggunaan ejaan bahasa indonesia dan aspek kelengkapan unsur berita 5W+1H, meskipun dalam aspek kemenarikan judul ada beberapa siswa belum mampu menjelaskan bagian judul berita dengan jelas dan menarik karena pada aspek kemenarikan judul semakin singkat sebuah judul berita, akan semakin baik selama mampu memberi pemahaman yang sesuai dengan isi beritanya, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model student facilitator and explaining dalam keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri meliputi dua aspek, yaitu: Aspek fisiologis dan aspek psikologis. Seperti faktor internal, faktor eksternal juga terdiri atas dua macam. yaitu: lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial. Faktor-faktor inilah yang mendorong atau menghambat pencapaian hasil belajar siswa dalam menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 08 May 2023 03:50
Last Modified: 08 May 2023 03:50
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item