PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 12 HALMAHERA TIMUR

JURUBASA, NADILA (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 12 HALMAHERA TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 3. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.pdf] Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dibutuhkan suatu pembelajaran yang efektif. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan model problem based learning yakni model pembelajaran yang berbasis teori belajar konstruktivistik yang dikenalkan oleh John Dewey. Secara umum pembelajaran berdasarkan masalah terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah yang otentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X semeseter II SMA Negeri 12 Halmahera Timur Pada materi Ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang bersifat reflektif dan kolaboratif. yang terdiri dari empat tahapan, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 12 Halmahera Timur pada materi ekositem. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 69% ,siklus II yaitu meningkat menjadi 84%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 85%,siklus II meningkat menjadi 100%. dan hasil belajar siswa dengan mengunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I sebanyak 13 orang yang belum tuntas atau sebanyak 65% yang belum mencapai ketuntasan belajar atau belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 19 orang yang tuntas atau sebanyak 95% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 May 2023 00:02
Last Modified: 10 May 2023 00:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item