PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

UJUD, SARTIKA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate kelas X IPA³. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan beberapa siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdapat empat tahap yang lazim yang dilalui yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil evaluasi peserta didik pada siklus I dari 30 orang, terdapat 14 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) atau 47%. Sedangkan peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) Sebanyak 16 orang peserta didik atau 53%. Nilai rata-rata siklus I yaitu 70. dimana nilai KKM mata pelajaran biologi adalah 72. Hasil evaluasi peserta didik pada siklus II telah berhasil. Dari 30 peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung terdapat 24 yang tuntas atau 80% dengan memperoleh nilai rata-rata 76. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas terdapat 6 orang peserta didik atau 20%. Hasil observasi aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar selama siklus I yang dilkukan di SMA Negeri 10 Kota Ternate telah tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh yaitu 69%. Dan siklus II mendapatkan hasil observasi aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar tergolong tinggi dengan perolehan 84%. Hasil aktivitas guru model pada siklus I dan siklus II tergolong lebih baik dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran discovery learning. Hal tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru dimana pada siklus I (64%) sedangkan pada siklus II (92%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 May 2023 00:48
Last Modified: 10 May 2023 00:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item