PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR

TALIB, ARMINI HAJI (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (115kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh model discovery learning berbasis media gambar terhadap penguasaan konsep siswa SMP Negeri 4 Kota Ternate pada materi kalor dan perpindahan kalor. 2) berapa besar pengaruh model discovery learning berbasis media gambar terhadap penguasaan konsep siswa SMP Negeri 4 Kota Ternate pada materi kalor dan perpindahan kalor. Jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen tipe Pritest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate yang terdapat 10 kelas masing- masing kelas berjumlah 30 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 dan kelas VII2 dengan teknik pengambilan sampel secara cluster sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes berupa soal essay yang berjumlah 10 item dengan skor total 52 dan teknik analisis data menggunakan uji N-gain, normalitas, homogenitas, uji-t dan Effeck size. Hasil perhitungan data diperoleh thit = 37,39 dan ttab = 2,008 dengan dk = 58 dan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit ttab atau 37,39 2,008 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Pada perhitungan N-gain untuk melihat peningkatan penguasaan konsep siswa dan diperoleh hasil pada kelas eksperimen adalah 0,19 dan kelas kontrol adalah 0,07. Kemudian untuk mengetahui berapa besar pengaruh model discovery learning berbasis media gambar diuji dengan menggunakan uji effect size diperoleh nilai 2,74. hal ini terdapat berpengaruh model discovery learning berbasis media gambar terhadap penguasaan konsep siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 May 2023 01:24
Last Modified: 10 May 2023 01:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item