HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

HUSEN, RIA RIZKIA (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 4 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan desain penilitian korelasional, dengan jumlah populasi 240. Sampel dalam penilitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negrri 4 Kota Ternate yang berjumlah 22 siswa. Data di peroleh dengan menggunakan Teknik tes untuk variabel Y dan non tes (kuisioner) untuk variabel X. Instrumen penelitian berbentuk data berupa pedoman checklist, angket untuk siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji linieritas, uji hipotesis yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Hasil dalam penelitian ini didapat angket yang digunakan untuk mengumpulkan data divalidasi dengan rumus korelasi product Moment didapat 11 item yang valid pernyataan yang diuji cobakan. Uji reliabilitas angket juga dilakukan terhadap 11 item pernyataan profesionalisme guru tersebut dengan metode Alpha sehingga diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,93. data kompetensi pedagogik guru diperoleh skor tertinggi 55 dan skor terendah 45 dengan rata-rata 51,33, varian 15,25, dan skor standar deviasi 3,90, dan data hasil belajar siswa diperoleh skor tertinggi 47 dan skor terendah 28 dengan rata-rata 17,72 , varians 484,7, dan skor standar deviasi 22,02

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:16
Last Modified: 11 May 2023 01:16
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item