PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

BUAMONA, SANDRA (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (13kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 5. BAB 1.pdf] Text
5. BAB 1.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) pada materi gerak lurus di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate yang terdiri dari 2 kelas dimana masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah berupa soal fisika dalam bentuk essay sebanyak 8 soal yang memenuhi kriteria valid. Setelah dianalisis, data yang diperoleh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 66,52% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 0,53%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah digunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:35
Last Modified: 11 May 2023 01:35
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item