PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HUDA DOWORA KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA KONSEP FLUIDA STATIS

TALIB, SURATMI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL HUDA DOWORA KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA KONSEP FLUIDA STATIS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa dan besar pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis.Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian pre eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 31 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 16 orang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara acak dari populasi dengan cara undian terhadap kelas yang pilih (simple random sampling). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik tes berupa soal pretest, posttest dan non tes berupa angket.Berdasarkan data penelitian yang diperoleh melaui tes yang berupa soal pretest dan posttest, kemudian di analisis menggunakan statistik uji-t. Data diperoleh = 232,75 = 2,977 dan dk = 15 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hal ini menunjukan bahwa atau 232,75 > 2,977 sehingga diterima dan ditolak. Besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran inquiry sebesar 2,71 termasuk dalam interprestasi yang sangat besar. Respon siswa terhadap model inquiry adalah 80% yang termasuk dalam kategori kuat. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model inquiry dikelas XI Madrasah Aliyah Swasta Nurul huda Kota Tidore Kepulauan pada konsep fluida statis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:43
Last Modified: 11 May 2023 01:43
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item