IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDRS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP GELOMBANG MEKANIK SMA NEGERI 7 HALAMAHERA TENGAH

Yunus, Zulfat (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDRS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP GELOMBANG MEKANIK SMA NEGERI 7 HALAMAHERA TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Impelementasi model pembelajaran CCDSR untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada konsep gelombang cahaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen) one grup pretest-posttes (tes awal-tes akhir pada kelompok tunggal) yang diterapkan pada 33 siswa pada semester II tahun ajaran 2021-2022 SMA Negeri 7 Halmahera Tengah pada kelas XI yang tersebar pada dua kelas, yaitu kelas XI- IPA I dan XI-IPA II. Masing-masing kelas diberikan perlakuan yang sama. Impelementasi model pembelajaran CCDSR menunjukan bahwa KPS siswa pada kelas XI-IPA I skor perolehan tertinggi 2,56 dengan nila 71,18% berada kriteria sedang, dan memiliki skor terendah 1,00 dengan nilai 28,13% berada pada kriteria rendah. Dengan nilai rata-rata N-gain 0,39 Implementasi model pembelajaran CCDSR pada kelas XI-MIA II memberikan dampak peningkatan pada KPS siswa dengan skor perolehan tertinggi 2,33 dengan nilai 70,00% berada pada kriteria, dan memiliki skor terendah 1,00 dengan nilai 30,00% dengan nilai rata-rata N- gain 0,38 dengan kriteria sedang. Implikasi penelitian model pembelajaran CCDSR dapat meningkatkan Keterampilan proses sains siswa SMA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 11 May 2023 01:47
Last Modified: 11 May 2023 01:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item View Item