ISMAIL, HALIMA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIII SMP NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A.COVER.pdf - Published Version Download (48kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan dengan materi perdagangan antarpulau anatardaerah dengan perdagangan antrnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus setiap siklus terdiri dari empat thapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengmatan, (4) Refleksi. Adapun metode pengumulan data yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelalajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari tiap siklus. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 6 orang dengan persentase 40%. Dan juga ada siswa yang tidak tuntas pada siklus I yaitu 11 orang dengan persentase 60%. Kemudian mengalami ketuntasan pada siklus II yaitu seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan dengan materi perdagangan antar pulau anatr daerah dan perdagangan antar negara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:41 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3174 |
Actions (login required)
View Item |