PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI KOLOID

SANAWI, DEDE ARDIANSYAH T. A. (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI KOLOID. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of 6. BAB I.pdf] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi HOTS terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi koloid 2). Seberapa besar efektivitas pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi HOTS terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi koloid 3). hasil belajar siswa pada ranah afektif dan ranah psikomotorik siswa kelas XI SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi koloid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa. Teknik pengembilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu intrumen tes, observasi, angket tanggapan guru dan siswa. Hasil uji hipotesis selanjutnya di analisis menggunakan uji Paired Samples T Test sehingga diperoleh thitung (14.488) > ttabel (1.720) dan nilai signifikan 0.00 < 0.05, yang menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi HOTS terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Selanjutnya, data pada hasil observasi hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik diperoleh rata-rata nilai afektif yaitu sebesar 51,13 dengan kriteria cukup, dan rata-rata nilai psikomotorik yaitu sebesar 52,36 dengan kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 15 May 2023 05:55
Last Modified: 15 May 2023 05:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item