ENGLISH TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT AT SMP LUAR BIASA YPAC

TAMBUNAL, MULKIAH F.H (2022) ENGLISH TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT AT SMP LUAR BIASA YPAC. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRACK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRACK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of E. CHAPTER I.pdf] Text
E. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of J. REFERENCES.pdf] Text
J. REFERENCES.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-stategi yang digunakan guru untuk mengajar Bahasa Inggris untuk siswa dengan gangguan pendengaran dan mengidentifikasi tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi guru saat proses belajar dan mengajar dikelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris SMPLB YPAC. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi checklist dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua strategi yang digunakan oleh guru di SMPLB YPAC Tingkat 8 yaitu metode manual yang memiliki dua komponen dasar yaitu bahasa isyarat dan finger spelling dan metode oral yaitu membaca bibir atau membaca ujaran. Dalam penerapan strategi, ada tantangan-tantangan yang dihadapi guru. Tantangan- tantangan tersebut yaitu pertama siswa terkadang sulit memahami kata dan guru terkadang perlu mengulang kata-kata atau menuliskannya. Kedua, keterbatasan kosakata siswa dan caranya mengatasinya dengan guru perlu menjelaskan definisinya dan memberikan contoh dengan media. Ketiga, guru tidak mendorong siswa untuk melakukan persis apa yang dikatakan guru. Terakhir Perlunya pengulangan dalam penyampaian materi dengan durasi yang lama dibandingkan siswa regular dan kemampuan guru untuk tetap sabar menghadapi siswa sangat diperlukan dalam menjawab tantangan terakhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 30 May 2023 05:18
Last Modified: 30 May 2023 05:18
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item