A STUDY OF CODE MIXING IN TEACHING ENGLISH AT SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

JUAEN, SUMIATI (2022) A STUDY OF CODE MIXING IN TEACHING ENGLISH AT SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis campur kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris dan alasan mengapa guru menggunakan campur kode dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada dua guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar dan wawancara dilakukan dengan guru bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan campur kode dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Terbukti pada hasil observasi ditemukan beberapa jenis campur kode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Yaitu campur kode dalam (18), campur kode luar (38), campur kode hibrid (10), campur kode intra kalimat (41), campur kode intra leksikal (6), dan melibatkan perubahan pengucapan (6). Selain itu, ada tiga alasan penggunaan campur kode dalam proses belajar mengajar oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Ada (1) siswa yang kesulitan dalam memahami, (2) siswa yang kurang kosa kata, dan yang terakhir (3) siswa merasa takut menggunakan bahasa Inggris. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru SMP N 2 Ternate masih menggunakan campur kode dalam menjelaskan materi selama proses belajar mengajar. Campur kode dapat menjadi solusi metode untuk meningkatkan pemahaman siswa. Guru bahasa Inggris menggunakan campur kode karena kebutuhan siswa mereka, bagaimana membuat mereka mudah memahami pelajaran yang dijelaskan oleh guru, untuk membuat ucapan lebih jelas dan memperkaya kosakata bahasa Inggris mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:22
Last Modified: 21 Jul 2023 02:22
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item View Item