MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 59 HALMAHERA SELATAN PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING

LAHANI, AMINUDIN (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 59 HALMAHERA SELATAN PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 59 Halmahera Selatan pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 59 Halmahera Selatan pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 59 Halmahera Selatan pada siswa kelas III yang berjumlah 7 orang, terdiri dari 4 siswa laki laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 3 atau 43% siswa yang mencapai nilai KKM dan 4 atau 57% yang belum mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 59 Halmahera Selatan pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup menggunakan model pembelajaran Circuit Learning dinyatakan belum berhasil. Oleh karena itu tindakan ini dilanjutkan pada siklus II. Dengan adanya perbaikan pada siklus II diperoleh 6 atau 86% siswa yang mencapai nilai KKM dan 1 atau 14% siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning yang diterapkan pada siswa kelas III SD Negeri 59 Halmahera Selatan pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:22
Last Modified: 24 Jul 2023 00:22
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item