KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN OBSERVASI PADA SISWA KELAS V SD INPRES 26 HALMAHERA BARAT

NYONG, ASIANA HODU (2022) KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN OBSERVASI PADA SISWA KELAS V SD INPRES 26 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam membuat laporan observasi, (2) Mengetahui faktor-faktor kesalahan apa saja dalam menulis laporan observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Teknik tes. Analisis data dari penelitian ini reduksi data dari catatan-catatan lapangan berupa penguraian kata-kata, kemudian disajikan dalam bentuk uraian singkat, dan penarikan kesimpulan dari data yang diamati terhadap hasil belajar menulis laporan observasi pada siswa kelas V SD Inpres 26 Halmahera Barat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang analisis hasil belajar menulis laporan observasi pada siswa kelas V SD Inpres 26 Halmahera Barat. disimpulkan dalam menulis laporan observasi yang dilakukan oleh siswa-siswi SD Inpres 26 Halmahera Barat yaitu tulisan siswa yang masih kurang jelas dan sulit dibaca. Masih mengunakan huruf miring disetiap kalimat, dan menggunakan huruf besar di tengah-tengah kalimat, kesalahan pemilihan kata yang sering dilakukan yaitu penyusunan kata dalam membuat kalimat kurang tepat. oleh karena itu pemilihan kata harus cermat. Adapun faktor kesalahan pada siswa SD Inpres 26 Halmahera Barat kurangnya latihan menulis membuat siswa tidak terbiasa menulis dengan baik dan benar, minimnya minat membaca siswa serta pemahaman kaidah penulisan bahasa Indonesia membuat siswa sulit untuk membuat sebuah kalimat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:31
Last Modified: 24 Jul 2023 00:31
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item