ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF VERBAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURSYA’AF KOITITI KECAMATAN GANE BARAT

. MARSAOLY, MAHDAR J (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF VERBAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURSYA’AF KOITITI KECAMATAN GANE BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (269kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of 6. BAB I.pdf] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dalam studi pendahuluan ini untuk. (1) Mengetahui keterampilan berbicara kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nursya’af Koititi. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara kelas VIII Mts Nursyafat Koititi. (3) Mengetahui solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nursyafat Koititi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantatif. Data yang digunakan adalah populasi 13 dan sampel 13 siswa dan teknik Observasi (Pengamatan), wawancara, tes, dekomentasi, teknik analisis data dan skala Interval. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukan bahwa siswa sulit atau kurang mampu, menyampaikan kembali secara lisan mengenai cerita yang perna diketahui sebelumnya. Pelaksanaan metode pembelajaran tidak sesuai dengan materi yang dipelajari. Keterampilan berbicara siswa kelas VIII Mts Nursyafa’at Koititi mempunyai kualifikasi nilai baik. Dari hasil belajar siswa dengan kualifikasi baik (B) diperoleh sebanyak 2 dari 13 siswa dengan presentase 15,3%, selanjutnya pada kualifikasi nilai cukup baik (CB) diperoleh sebanyak 3 dari 13 siswa dengan presentase 23,1%, selanjutnya pada kualifikasi nilai kurang baik (KB) sebanyak 8 dari 13 siswa dengan presentase 61,5%. Hasil tes menyatakan bahwa 2 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dari total 13 siswa kelas VIII, data menunjukkan ada 11 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sehingga nilai rata-rata siswa adalah 13. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia kurang sesuai sehingga keterampilan berbicara siswa belum tercapai secara maksimal. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Pendekatan Komunikatif Verbal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:25
Last Modified: 12 Sep 2023 06:25
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item