ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens) DI KECAMATAN TIDORE UTARA KOTA TIDORE KEPULAUAN

ADE, RAHIMA (2022) ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens) DI KECAMATAN TIDORE UTARA KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. KOVER.pdf] Text
1. KOVER.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB)

Abstract

Kecamatan Tidore Utara merupakan kecamatan yang bermata pencarian sebagai petani dengan mengusahakan tanaman cabai rawit sebagai sumber pendapatan. Diantara Kecamatan Tidore Utara terdapat 5 kelurahan yang berusahatani cabai rawit. Fluktuasi harga dapat berpengaruh pada pendapatan petani disebabkan sering terjadi perubahan harga pada tingkat permintaan dan penawaran, Saluran pemasaran yang bervariasi juga disebabkan karena banyak lembaga pemasaran yang terlibat, pasok cabai rawit yang diambil dari luar daerah dan minimnya informasi pasar juga berpengaruh pada pendapatan petani karena informasi pasar sangat penting bagi petani. Penelitian ini bertijuan untuk mengetahui bagaimana saliran pemasaran dan marjin pemasaran di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Saluran pemasaran 1) petani-konsumen, 2) petani-pedagang pengecer�konsumen, 3) petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen. Hasil analisis menunjukan nilai marjin tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 2 yaitu (Rp 16.077), nilai farmer sahre tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 3 yaitu (103%), nilai SBi dan SKi tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 3 yaitu (250%) dan (150%). Sdangkan nilai R/C Ratio tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 3 yaitu (417.570). Artinya dari 3 saluran pemasaran tersebut tingkat efisien terdapat pada saluran pemasaran 1. Kata Kunci: Analisis Pemasaran Cabai Rawit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas > Pertanian Agribisnis
Fakultas > Pertanian Agribisnis
Fakultas > Pertanian Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:04
Last Modified: 03 Nov 2023 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item