KARAKTERISTIK GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM OGANISASI ISLAM (STUDI PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA DAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN TERNATE

Togubu, Rahayu (2019) KARAKTERISTIK GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM OGANISASI ISLAM (STUDI PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA DAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik gaya kepemimpinan perempuan dalam organisasi Islam pada Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate; (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan perempuan terhadap mahasiswa pada Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate; (3) Untuk menegetahui dan menganalisis proses pembelajaran dan penerapan peraturan kepemimpinan perempuan pada Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Alat yang digunakan triangulasi observasi, wawancara, dokumentasi dengan model analisis Miles dan Haberman yang dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karakteristik gaya kepemimpinan perempuan, di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate dinilai baik; (2) Selain itu, gaya kepemimpinan perempuan pada dua lembaga pendidikan tersebut, sangat berpengaruh secara umum dan khususnya mahasiswa dalam memotivasi, dan memberikan pengembangan dalam proses pembelajaran maupun dorongan, agar mampu mengasah kemampuan diri, dan menjadikan pemimpin perempuan sebagai patron untuk pemimpin perempuan akan datang; (3) Adapun dalam proses penerapan peraturan, pemimpin perempuan berdasarkan pada peraturan lembaga yang telah ditentukan dalam undang-undang tentang Sistem Pendidikan. Sementara itu langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas melalui tiga tahap, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada tahap-tahap tersebut proses pembelajaran dapat merangsang mahasiswa agar pelaksanaan pembelajaran di kelas mahasiswa menjadi aktif dan timbul adanya interaksi. Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:07
Last Modified: 20 Feb 2024 00:07
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item