PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

PUASA, ERWIN LA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (45kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (42kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang menggambarkan pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 115 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi dan korelasi. Data hasil perhitungan analis untuk melihat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikan 0.05 diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel = 2, 021 dengan kriteria thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Hα diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Sedangkan beasar pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa ditunjukan dengan koefesien diterminan yaitu sebesar 70,56 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 00:52
Last Modified: 02 Dec 2024 00:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item