PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMA IT NURUL HASAN KOTA TERNATE KELAS X PADA KONSEP HUKUM

RUDIN, IRFANDI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMA IT NURUL HASAN KOTA TERNATE KELAS X PADA KONSEP HUKUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (50kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (29kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Pengaruh model pembelajaran Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada konsep hukum Newton. 2). Besar pengaruh model pembelajaran Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada hukum Newton. di SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah (one-shot case study). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik penilaian unjuk kerja dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi dan korelasi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model Debate terhadap ketrampilan berargumentasi siswa diperoleh nilai Fhit>Ftab atau 5,26>2,12 dan thit>tab atau 4,21>2,08 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada konsep hukum Newton di SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate. Sedangkan besar pengaruh model Debate terhadap keterampilan siswa ditunjukan dengan koefisien determinan yaitu sebesar 47,61%. Kata Kunci : Model Debtae, Keterampilan Berargumentasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:17
Last Modified: 02 Dec 2024 01:17
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item