BACHTIAR, MOHAMAD (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE KELAS XI MIA III PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (63kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate kelas XI MIA III. 2). Berapa besar pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate kelas XI MIA III. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kota Ternate yang berjumlah 216 siswa yang tersebar dalam 6 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 36 siswa kelas XI MIA III dengan tehnik pengambilan sampelnya dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, soal tes, angket respon siswa. Bentuk soal tes yang digunakan berupa esai dengan jumlah soal 10 item dengan skor total 81. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji statistik yaitu uji regresi linear sederhana. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 4,732 dan ttab = 2,03224 dengan dk = 34 dan taraf signifikan 0,05. Sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit > ttab atau 4,732 > 2,03224 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi keterampilan berfikir kritis siswa pada materi alat optik. Hal ini ditunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa pada materi alat optik dengan koefesien penentu sebesar 39,7 %. Kata Kunci: problem based learning, keterampilan berfikir kritis, alat-alat optik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:40 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 04:40 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |