PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

ZAMAD, RASDI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 117 dan sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang tersebar dari 6 kelas dengan teknik pengambilan sampel adalah acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi dan uji korelasi. Data hasil perhitungan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thit > ttab atau 3,10 > 2,101 dengan dk = 18. Uji statistik yang sama diperlakukan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thit > ttab atau 3,10 > 2,101 dengan dk = 18. Sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukan bahwa hipotesis Ha diterima dan Hipotesis Ho ditolak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang dengan koefisien penentu sebesar 90,25%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:52
Last Modified: 02 Dec 2024 04:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item