MAHMUD, AMIR (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KUANTUM TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH SUBAIM PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (39kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (56kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa dan berapa besar pengaruh pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mataeri titrasi asam basa. Desain penelitian adalah one group pretest-posttest design dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan angket siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Kolmogorov smirnov dan non parametric sample uji wilcoxon. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Subaim dengan jumlah sampel 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif sebesar 41,3 %, pada ranah afektif selama 5 pertemuan rata-rata hasil beajar siswa sebesar 19,7 % dan pada ranah psikomotor selama 5 pertemuan rata-rata hasil beajar siswa sebesar 15,7 %. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa dan besar peningkatan hasil belajar ranah kognitif sebesar 41,3% pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Subaim pada materi titrasi asam basa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kuantum tipe TANDUR.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 06:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 06:30 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |