PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

MURUNGA, RIANTI LA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 HALMAHERA SELATAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (38kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Halmahera Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Halmahera Selatan pada Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 64 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk essay, untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa pada ranah kognitif, dan teknik non tes dalam bentuk lembar observasi, untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS for windows versi 22.0 Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Zhitung ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah -4,737, -4,20 , dan -4,378 lebih kecil dari Ztabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada ranah kognitif sebesar 0,08 (kategori rendah), ranah afektif sebesar 0,11 (kategori rendah) dan ranah psikomotor 0,186 (kategori rendah). Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Statistik Deskriptif dan inferensial, SPSS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Feb 2025 05:46
Last Modified: 14 Feb 2025 05:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item