PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPA KONSEP SISTEM TRANSPORTASI PADA MAHLUK HIDUP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 SATAP HALMAHERA SELATAN

ADENG, NURSINA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPA KONSEP SISTEM TRANSPORTASI PADA MAHLUK HIDUP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 SATAP HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning untuk menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Satap Halmahera Selatan tahun pelejaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 15,38% atau 4 siswa,dengan nilai rata-rata yang diperoleh 59,23%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 79,62% dari ketuntasan siswa 80,76% atau 21 siswa. Sedangkan presentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama 61% dan pertemuan kedua 76% pada siklus I sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama (84%) dan pertemuan ke kedua (100%). Sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama 76% pada pertemuan kedua 84% Sedangkan pada aktvitas guru siklus II memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama 100% pertemuan kedua 100% Kata Kunci : Problem based learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 24 Feb 2025 23:48
Last Modified: 24 Feb 2025 23:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item