EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI MODEL TERNATE PADA KONSEP MITIGASI BENCANA ALAM

DJUPURA, DESI (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI MODEL TERNATE PADA KONSEP MITIGASI BENCANA ALAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran sangat efaktif sebab pembelajaran geografi erat kaitannya dengan materi-materi fenomena alam yang merupakan konsep realitas dalam kehidupan siswa sehingga pembelajaran akan meyentuh langsung pengalaman siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagamana meningkatkan hasil efektivitas pembelajaran menggunakan metode tanya jawab pada siswa XI IPS Madrasah Aliyah Negeri model Ternate paada konsep mitigasi bencana alam, 2. Apakah penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Model Ternate pada konsep mitigasi bencana alam. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu mengikuti proses perlakuan dengan tahap-tahap pelaksanaan diantara 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Di Madrasah Aliyah Negeri Model Ternate.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai baik pada siklus I sebanyak 6 siswa atau persentase 27% yang mendapat nilai cukup sebanyak 5 siswa atau persentase 23% sedangakan yang mendapat nilai kurang sebanyak 11 siswa atau persentase 50%. Sedangkan pada siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai baik sekali sebanyak 14 siswa atau persentase 63% yang mendapat nilai baik sebanyak 3 siswa atau persentase 14% yang mendapat nilai cukup sebanyak 3 siswa atau persentase 14% sedangakan yang mendapat nilai kurang sebanyak 2 siswa atau persentase 9% . Kata kunci : Metode Tanya Jawab dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:19
Last Modified: 03 Mar 2025 01:19
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item