Hasim, Marhaini (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ATMOSFER SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (45kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44kB) |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Tidore kepulauan. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X1 yaitu terdiri dari 13 siswa perempuan 7 siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, kemudian dilakukan tindakan menggunakan penelitian tindakan kelas. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak II siklus dengan materi atmosfer. , setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengematan atau observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi atmosfer dari 25%, meningkatkan menjadi 85%. Selain. Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan aktivitas belajar siswa ini disebabkan karena model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang beanar juga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Hasil Belajar, Atmosfer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 01:50 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 01:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |