EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM (Eksperimen Kuasi di Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Ternate)

Luma, Wa (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM (Eksperimen Kuasi di Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Ternate). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (siswa kelas XI IPS 2) dan kelas kontrol (siswa kelas XI IPS 1) SMA Negeri 2 Kota Ternate. Pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Kontekstual, sedangkan kelas kontrol adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Konvesional. Sampel yang digunakan berjumlah 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu data diuji menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pretest kelas IPS I eksperimen 22,2 setelah dilakukan posttest naik menjadi 72,2. Sedangkan pada hasil belajar pretest kelas IPS II kontrol 29,3 setelah dilakukan posttest menjadi 62,2. Dari hasil uji-t yaitu uji perbedaan rata-rata terhadap data posttest diperoleh thitung > ttabel dan nilai sig < α yakni 2.819 > 1.711 dan 0,009 < 0,05. Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas XI kelas eksperimen (siswa kelas XI IPS 2) dan kelas kontol (siswa kelas XI IPS 1) SMA Negeri 2 Kota Ternate, sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran kontekstual pada materi mitigasi bencana alam. Pebedaan hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan tingkat penguasaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pada materi mitigasi bencana alam dengan kualifikasi sedang. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvesional. Kata Kunci : efektivitas pembelajaran kontekstual, mitigasi bencana alam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:43
Last Modified: 04 Mar 2025 01:43
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item