IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERAPUNG DAN TENGGELAM YANG DILAKUKAN GURU UNTUK KELOMPOK B TK KARTIKA JAYA KOTA TERNATE UTARA

HASIM, HASRINA (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERAPUNG DAN TENGGELAM YANG DILAKUKAN GURU UNTUK KELOMPOK B TK KARTIKA JAYA KOTA TERNATE UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (65kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui. implementasi pembelajran terapung dan tenggelam yang dilakukan guru untuk anak kelompok B TK Kartika Jaya. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, instrument yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru, lembaran wawancara untuk guru, kepala sekolah, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan trianggulasi data. Hasil yang diperoleh adalah Implementasi Pembelajran Terapung Dan Tenggelam Yang Dilakukan Guru Untuk Anak Kelompok B yakni 1. Kegiatan menyiapkan alat dan bahan, 2. Kegiatan sebelum belajar, 3. Kegiatan inti dan 4. Kegiatan akhir atau pengulangan. Hal ini dapat ditunjukan denan kegiatan menyiapkan alat dan bahan yaitu menyiapkan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian), menyiapkan lembaran penilaian, kursi, meja, wadah, air, lemon dan jeruk. Kegiatan sebelum belajar guru bercakap-cakap tentang jenis-jenis benda yang dikategorikan benda terapung dan tenggelam, dan meyapaikan cara mengetahui mana benda terapung dan tenggelam. Pada Kegiatan inti guru mempersilahkan kepada anak untuk mengamati benda yang terapung dan tenggelam, guru juga mempraktekkan terlebih dahulu cara mengetahui benda terapung dan tenggelam pada anak, guru juga menjelaskan cara meletakan buah lemon dan jeruk kedalam air yang sudah disediakan pada wadah dan anak mengamatinya, dengan mengadakan diskusi Kegiatan akhir atau pengulangan yaitu guru bertanya kembali pembelajaran yang sudah dilakukan anak sebelumnya yakni benda-benda yang terapung dan benda yang tenggelam. Hasil belajar anak dalam kegiatan percobaan sains ada tiga hal yaitu mengetahui fakta dalam aspek kognitif, menguasai keterampilan proses sains dalam aspek psikomotorik, dan mengembangkan sikap-sikap dalam aspek afektif. Kata Kunci: pembelajran terapung tenggelam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:08
Last Modified: 05 Mar 2025 01:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item