PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

CLARISA A SAIDI, CLARISA A (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan pembelajaran make a match. 2) mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) setelah diajarkan dengan menggunakan pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 5 Kota Ternate dengan sampel 24 0rang, terdiri 15 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, instrumen tes berbentuk tes uraian dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu Pedoman Acuan Patokan berdasarkan kategori peningkatan hasil belajar siswa dan perhitungan N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada tes kemampuan akhir (posttest) terdapat 17 siswa dengan kategori sangat baik, 7 siswa dengan kategori baik, dengan kategori cukup tidak ada, kategori kurang tidak ada dan kategori gagal tidak ada. 2) hasil perhitungan N-Gain ternormalisasi diperoleh nilai N-Gain yaitu 0,82 yang berarti hasil belajar siswa berada pada interpretasi tinggi. Jumlah rata-rata hasil belajar siswa adalah 89,58. Persentase ketuntasan sebesar 95,8%. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran Make a Match. Kata kunci: Hasil belajar, Make a Match, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Mar 2025 00:54
Last Modified: 19 Mar 2025 00:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item View Item