Peningkatan Kemampuan Koneksitas Matematis Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-A MTs An-nur Susupu Tahun Ajaran 2019-2020)

ABIAD, JULIA (2019) Peningkatan Kemampuan Koneksitas Matematis Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-A MTs An-nur Susupu Tahun Ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kemampuan koneksitas matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran pemecahan masalah pada materi segiempat (persegi panjang dan persegi). 2) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksitas matematis siswa pada materi segiempat setelah pembelajaran pemecahan masalah dan 3) Mengetahui apakah model pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksitas matematis. Penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs An-nur Susupu yang terdiri dari dua kelas yaitu VII-A dan VII-B dan sampel sebanyak 25 siswa kelas VII-A. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan kategori kemampuan koneksitas matematis dan perhitungan Gain ternormalisasi serta statistik inferensial dengan menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan koneksitas siswa kelas VII-A MTs An-nur Susupu setelah diterapkan model pembelajaran pemecahan masalah diperoleh 44% kualifikasi sangat baik, 28% baik, 20% cukup, 4% kurang, dan kualifikasi kurang sekali sebesar 4%. 2) Hasil perhitungan Gain ternormalisasi diperoleh nilai N-gain yaitu 0,606 yang berarti peningkatan kemampuan koneksitas matematis siswa berada pada interpretasi sedang. Berdasarkan hasil statistik inferensial menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. dengan bantuan program SPSS 23 for windows diperoleh nilai sig. 0,000 (sig. ˂ α = 0,05). Hal ini berarti terdapat peningkatan kemampuan koneksitas matematis siswa pada materi segiempat (persegi panjang dan persegi) setelah pembelajaran pemecahan masalah Kata kunci: kemampuan koneksitas matematis, pembelajaran pemecahan masalah, segiempat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:40
Last Modified: 19 Mar 2025 01:40
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item