PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019)

KENE, M. NUH (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHIARUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bentuk aljabar. 2) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bentuk aljabar. 3) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D yang terdiri dari 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes essay. Data kemampuan penalaran matematis siswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu Pedoman Acuan Patokan (PAP) Skala 5 dan perhitungan gain ternomalisasi (N-Gain). Penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik uji Wilcoxon Match Pair Test untuk data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis data menunjukkan: 1) kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Kota Ternate setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berada pada kualifikasi “Baik” dengan besar presentasi penguasaan yakni 74%. 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Kota Ternate setelah diterapkannya model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:52
Last Modified: 19 Mar 2025 01:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item