Umar, Nur Alfi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk meningkatan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang bertempat di sekolah menengah pertama yakni SMP Negeri 1 Kota Ternate. (2) untuk mengetahui kemampuan siswa ketika menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus empat kali pertemuan, siklus I terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes (tes uraian pertama dan kedua) dan non tes (lembar observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pada saat proses pembelajaran berlangsung penulis menggunakan dua siklus, akan tetapi pada siklus I belum berhasil dengan memperoleh nilai rata-rata79. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 86. Dengan demikian dapat dilihat adanya peningkatan menulis siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Kata Kunci : Peningkatan kemampuan menulis teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 01:55 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 01:55 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |