Milania M, Jihan (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Melalui Teks Pidato Siswa Kelas VIII MTS Alkhairaat Kalumpang Kota Ternate. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. Cover.pdf - Published Version Download (114kB) |
![]() |
Text
D. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (163kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah agar dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui peningkatan kemampuan menulis paragraf melalui teks pidato siswa kelas VIII MTS Alkhairaat Kalumpang Kota Ternate. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (PTK) yang mengikuti tahap-tahap penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan (Planning), (2) penerapan tindakan (Action), (3) pengamatan (Observation), (4) refleksi (reflection). Adapun tehnik analisis data deskriptif kuantitatif yang dapat ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran menulis paragraf melalui teks pidato, berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTS Alkhairaat Kalumpang Kota Ternate. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes siklus I dari 27 siswa yang dinyatakan tuntas belajar hanya 11 siswa atau 55% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 62,22% dengan ketuntasan belajar 45,74%. Setelah melakukan tes pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata belajar siswa mencapai 82,40% dengan ketuntasan 79,77. Kata Kunci: Menulis Paragraf, Teks Pidato.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email salkin.lutfi@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:54 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |