Hartono, Rosalinda (2024) ANALISIS PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (86kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (192kB) |
Abstract
Lingkungan sekolah merupakan tempat berlangsunya kegiatan belajar yang berpengaruh terhadap siswa. Keadaan lingkungan sangat berkaitan dengan proses perubahan tingkah laku siswa kepada perubahan tingkah laku siswa yang lebih baik. Berdasarkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat perilaku siswa terhadap kebersihan di lingkungan SMP Negeri 7 Kota Ternate. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang menggambarkan suatu data yang dibuat baik sendiri maupun kelompok. Data yang diperoleh sebanyak 60 responden dari keseluruhan siswa yang ada di SMP N 7 Kota Ternate sebesar 1.110 orang. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling atau dianggap sebagai sampel acak sederhana tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan di SMP Negeri 7 Kota Ternate memiliki persentase sebesar 84,00% dengan kategori sangat peduli yang didasarkan pada tiga indikator yaitu: 1) Indikator selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan; 2) Indikator mencintai kerapian ruang kelas: 3) Indikator kegiatan lingkungan berbasis partisipan. Kata Kunci : Perilaku Siswa, Kebersihan Lingkungan, SMP N 7 Kota Ternate
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:50 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 06:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |