PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PERSERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL INQUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

Abas,, Nurlita (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PERSERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL INQUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (29kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (13kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model inquiri terbimbing pada materi perpindahan kalor yang valid dan praktis, menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menurut ahli, memahami materi yang terdapat di dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Tododara Maitara. Metode yang digunakan dalam penelitian inii adalah ADDIE. ADDIE yaitu Analisis, Desain Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada aspek bahasa, materi dan media.. Lembar validasi diisi oleh Expert Judgment (Ahli) yang bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inquiri Terbimbing Pada Materi Perpindahan Kalor memenuhi kriteria kelayakan sebagai salah satu sumber belajar yang baik. Hal ini sesuai dengan penilaian dari tiga ahli yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Persentasi rata-rata untuk ahli materi pada aspek kesuaian uraian materi 75% termasuk dalam kategori layak, aspek keakuratan materi 83% kategori sangat layak, aspek pendukung materi pembelajaran 82% kategori sangat layak, aspek kemutahiran materi 79% kategori layak, aspek teknik penyajian 88% kategori sangat layak, aspek pendukung penyajian 96% kategori sangat layak, aspek kelengkapan penyajian 86% kategori sangat layak. Persentasi rata-rata untuk ahli bahasa pada aspek keefektifan kalimat bahasa Indonesia 83% kategori sangat layak, aspek bahasa Indonesia yang baik dan benar 79% kategori layak, aspek keterbacaan pesan dalam bahasa Indonesia 75% kategori layak, aspek kesesuaian dengan perkembangan intelektual peserta didik 83% sangat layak, dan aspek kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial emosional peserta didik 75% kategori layak. Persentasi rata-rata untuk media pada aspek ukuran 88% kategori sangat layak, aspek desain halaman muka 79% kategori layak, dan aspek desain isi 85% kategori sangat layak. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inquiri Terbimbing Pada Materi Perpindahan Kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Swasta Tododara Maitara. Kata Kunci: LKPD, Model inquiri terbimbing, Perpindahan kalor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 05:48
Last Modified: 05 May 2025 05:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item