BAKAR, MUKAM (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWAPADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (50kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kalas VIII pada materi sistim persamaan linier dua variabel. 2) Mengetahui penigkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kalas VIII Pada materi sistim persamaan linier dua variabel. 3) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian One-Gruop Pretest-Postest Desing. Tehnik pengumpulan data mengunakan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis inferensial dan deskriptif. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik one sample t-test karena data berdistribusi normal seangkan uji statistik digunakan PAP skala 5 dan N-Gain. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa : 1) Analisis uji PAP skala 5 menunjukan yang masuk pada kualifikasi “baik sekali” sebanyak 34%, kualifikasi baik, sebanyak 20%, kualifikasi Cukup, sebanyak 20%, kualifikasi kurang, sebanyak 13%, dan kualifikasi “Gagal” sebanyak 13%. 2) Analisis N-Gain menunjukan terjadinya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan nilai N-gain 0,648 yang berada pada interprestasi sedang. 3) Hasil uji One-Sample t-tes dengan SPSS 23 menunjukan nilai sig. 0,00 < ɑ= 0,005 sehingga HO ditolak dan Ha diterima.Hal ini berarti bahwa pembelajran think pair sahare berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.kelas VIII MTs Al-hijrah Samo dalam mempelajari sistem persamaan linier dua variabel Kata kuci: Komunikasi Matematis. Think Pair Share, Kemampuan sistem persamaan linear dua variabel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:03 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:03 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |