PENINGKATAN KEMAAMPUAN PEMAHAMAAN MATEMATIS SISWA SMP PADA PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)

ABJAN, NURLELI (2019) PENINGKATAN KEMAAMPUAN PEMAHAMAAN MATEMATIS SISWA SMP PADA PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (60kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tidore Kepulauan pada materi pertidakamaan linear satu variabel; 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VII SMP Negri 4 Tidore Kepulauan; 3) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tidore Kepulauan pada materi pertidaksamaan linier satu variabel Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah sampel yaitu 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk Essay. Data dianalisis dengan menggunakan kriteria kemampuan pemahaman konsep dengan perhitungan PAP N-gain ternormalisasi dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tidore Kepulauan pada materi pertidaksamaan linear satu variabel keseluruhan diperoleh kualifikasi sangat baik dengan presentase 17.40%, baik dengan presentase 39.13% dan cukup 43.47%; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tidore Kepulauan pada materi pertidaksaman linier dengan interpretasikan sedang; 3) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negri 4 Kota Tidore Kepulauan pada materi pertidaksamaan linier satu variabel. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Koperatif Think Pair Share (TPS), Pertidaksamaan linier satu variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:13
Last Modified: 12 Jun 2025 01:13
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item