ENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 KOTA TIDORE KEPULUAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABE

.Saleh, Sartini A (2019) ENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 KOTA TIDORE KEPULUAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

enelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain one group pretest�posttest, dan menjadikan seluruh siswa kelas X IPA SMAN 13 Kota Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagai populasi sekaligus sampel berjumlah 12 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berbentuk Essay. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.. Hasil analisis data menunjukkan 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan pendekatan saintifik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) diperoleh sebanyak 3 siswa (25%) dalam kualifikasi memuaskan, 2 siswa (16,67%) dalam kualifikasi baik, 5 siswa (41,67%) dalam kualifikasi cukup, 1 siswa (8,33%)dalam kualifikasi kurang , dan 1 siswa (8,33%) dalam kualifikasi gagal .2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan pendekatan saintifik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel secara keseluruhan dalam intesprestasi tinggi. Hasil uji t dengan bantuan program SPSS for windows 23 yang diperoleh nilai Asyimp. Sig. 0,200 lebih dari 0,05 sebagai H0 yang berarti pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel > α = 0,05); 3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara keseluruhan mencapai 0,78 dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:31
Last Modified: 13 Jun 2025 03:31
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item